Headlines News :
Home » , , » Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2013

Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2013

Written By Yunion Arga on Thursday, June 6, 2013 | 10:08 PM

Parade Budaya dan Pameran Pariwisata Dan UMKM
KEDIRI BHUMI PANJI MERAJUT NUSANTARA
Mataram Timur News, Kediri. -Sebagai agenda Pemerintah Kabupaten Kediri kembali menggelar pecan udaya dan pariwisata kabupaten Kediri melalui leading sektor Dinas kebudayaan dan pariwisata. Pada tahun 2013 ini pecan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri akan kembali mengangkat tema” KEDIRI BHUMI PANJI, MERAJUT NUSANTARA” dengan memfokuskan pada budaya panji sebagai wujud kearifan local masyarakat Kediri pada khususnya serta masyarakat Jawa Timur pada umumnya. Pencapaian sasaran pembangunan kepariwisataan adalah meliputi peningkatan kunjungan, pergerakan dan penerimaan devisa dari wisatawan serta produk domestic bruto di bidang kepariwisataan. Dengan melihat tingkat kunjungan pekan budaya dan pariwisata ke – VII tahun 2012 selama 10 hari mencapai 179. 725 pengunjung dan transaksi penjualan dan pemesanan mencapai lebih dari 1 milyar rupiah, event ini sepatutnya dikembangkan dan dikemas secara lebih kreatif dan inovatif.
Pekan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri tahun 2013 merupakan pesta seni, budaya, dan pariwisata masyarakat Kediri beserta pemerintah kabupaten Kediri dalam rangka pengembangan seni budaya dan pariwisata kabupaten Kediri. Berkaca dari evaluasi event di tahun lalu, pelaksanaan evnt tahun ini akan mengusung konsep berbeda diselenggarakan selaa 7 ( Tujuh ) hari, dimulai pada tanggal 16 juni 2013 sampai dengan 22 Juni 2013. Pekan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri 2013, terdiri 3 ( tiga) rangkaian kegiatan: 1. Pawai Mobil hias dan parade nusantara, sebagai pembuka rangkaian pecan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri 2013 tanggal 16 juni 2013 akan di tampilkan pawai mobil hias hasil kreasi dari satuan-satuan kerja dilingkup pemerintah kabupaten Kediri, institusi pendidikan, dan swasta. Pawai mobil hias ini akan dilangsungkan pada pukul 14. 00 WIB sampai selesai. 2. Pameran Pariwisata dan UMKM, Pameran pariwisata dan aneka industri pekan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri yang ke VIII dilaksanakan di area monument simpang lima gumul, selama 7 (tujuh) hari yang pembukaannya pada tanggal 16 juni 2013 pukul 16. 00 WIB, dilaksanakan dari tanggal 16 juni 2013 sampai dengan 22juni 2013, dan setiap harinya dibuka mulai pukul 10. 00 sampai dengan 22. 00 WIB.
Pameran pecan budaya dan pariwsata kabupaten Kediri 2013 ini diikuti oleh instansi pemerintah, baik dari lingkup pemerintah kabupaten Kediri maupun dari instansi-instansi yang menangani kebudayaan dan pariwisata dari kabupaten / kota se Jawa Timur dan luar propinsi Jawa Timur, perusahaan-perusahaan swasta yang berada diwilayah Kediri dan sekitarnya, para pelaku industry ini menyediakan stand-stand pameran yang mengusung konsep berbeda dari pameran sebelumnya. Pelaksanaan pameran yang berkurang menjadi 7 hari demi efektifitas dan tema Green Tourism dan Back to nature menjadi konsep initi yang berpadu dengan ragam bahan promosi dan produk yang mampu mnjadi magnet kuat untuk mendatangkan pengunjung jauh lebih banyak dari event sebelumnya. Dalam pecan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri 2013 nantinya juga dilaksanakan pameran foto dari peserta perlombaab Colors of Kediri 2013. Ragam wisata dan budya kabupaten Kediri yang bentuk foto dapat menjkadi sarana apresiasi bagi para pengunjung yang , mampu menunjukan kekayaan dan keindahan khazanah wisata dan budaya kabupaten Kediri. 3. Pagelaran Hiburan kesenian dan perlombaan, pameran pekan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri 2013 nantinya juga akan dimeriahkan oleh pagelaran kesenian dan sejumlah lomba di panggung utama dan panggung area stand. beragam jenis keenian seperti wayang kulit, wayang krucil, ludruk, ketoprak, tarian tradisional, parade band remaja, dan fashion show batik akan menyemarakkan panggung utama . sedangkan diarea stand pameran akan dihibur oleh kasidah, campursari, musik deling, keroncong, uyon-uyon/karawitan, jemblung, dan mocopat. Masyarakat umum juga dapat berpartisipasi dalam sejumlah perlombaan yang diadakan selama pekan budaya dan pariwiosata kabupaten Kediri 2013 berlangsung, seperti lomba patrol muisk bamboo tingkat SD sederajat, festival band pelajar tingkat smp sederajat, serta modern dance tingkat SMA sederajat. Pekan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri diharapkan mampu membangun sinergitas antara para stakeholders, pemerintah, masyarakat, swasta, dan pelaku industry pariwisata baik tingkat local kabupaten Kediri maupun regional Jawa timur, meningkatkan kreativitas, apresiasi, dan manajemen pegelaran bagi para senimanbudayawan kabupaten Kediri, serta memperkenalkna kekayaan seni budaya dan pariwisata daerah serta produk unggulan kepada masyarakat local, regional dan nasional. (fred)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mataram Timur News - All Rights Reserved
Wartawan Mataram Timur News Dibekali Kartu Identitas Setiap Peliputannya. Laporkan Oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab Yang Mengaku Sebagai Wartawan Mataram Timur News | Original Design by Creating Website Modified by Adiknya