Headlines News :
Home » , , , » Hasil Perhitungan Sementara Quick Count Pemilukada Tulungagung

Hasil Perhitungan Sementara Quick Count Pemilukada Tulungagung

Written By Yunion Arga on Friday, February 1, 2013 | 10:54 AM

Tulungagung, Mataram Timur News- Sebelum dimulai pemilihan bahkan beberapa hari sebelum hari "H" pemungutan suara sudah tampak kemenangan ditunjukkan kepada pasangan SAHTO. Menurut beberapa pengamat hingga survei dari berbagai lembaga survei. Hasil hitung cepat pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tulungagung, Jawa Timur menempatkan pasangan Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo (Sahto) sebagai pemenang dengan meraup suara terbanyak (43,22 persen), unggul sekitar 21 persen dibanding pasangan Bambang Adhyaksa-Anna Luthfi (Bangsa) yang meraup suara 22,74 persen.
Hasil hitung cepat itu secara resmi dikeluarkan Media Survei Center Indonesia (MSCI), Kamis sore atau hanya selang dua jam setelah perhitungan manual dinyatakan selesai di tiap-tiap TPS.
"Pasangan M Athiyah-Budi Setijadi (Abdi) dan Isman-Tatang Suhartono secara berturut menempati posisi ketiga dan keempat. Abdi dalam hitung cepat ini memperoleh dukungan suara pemilih sebanyak 17,37 persen, dan terakhir disusul Matang sebanyak 16,68 persen," terang Direktur Media Survei Center Indonesia (MSCI) Helmi Panggabean.
Meski hasil hitung cepat digunakan sebagai rujukan salah satu pasangan calon, Helmi menegaskan hitung cepat yang dilakukan MSCI bersifat independen.
"Kami mengambil sampel 150 TPS yang tersebar di 19 kecamatan se-Tulungagung untuk digunakan acuan dalam hitung cepat ini. Potensi atau tingkat kesalahan tersebut sekitar satu persen," terangnya.
Keterangan Helmi, dari total 19 kecamatan yang ada di Tulungagung, Sahto menang di 16 kecamatan sekaligus. Sisanya yang tiga kecamatan di menangi oleh pasangan Bangsa (dua kecamatan) serta Isman-Tatang Suhartono.
Tiga kecamatan yang dikuasai Bangsa antara lain adalah Kecamatan Kalidawir dan Besuki. Sementara Kecamatan Pakel dimenangi pasangan Isman-Tatang.
"Dalam hitung cepat ini juga kami dapati fakta bahwa tingkat partisipasi pemilih sebanyak 61 persen," katanya menambahkan.
Jumlah pemilih dalam Pilkada Tulungagung sesuai data mutakhir KPU menjelang hari "H" pemungutan suara adalah sebanyak 843.111 jiwa.
Hasil hitung cepat yang dikeluarkan MSCI hampir sama dengan hasil perhitungan manual sementara maupun sistem hitung cepat sejenis, yang digelar pasangan Sahto dan Abdi.
Meski tidak sepenuhnya sama persis, semua hasil jajak perhitungan suara menempatkan pasangan Sahto sebagai peraup suara terbanyak hingga hampir bisa dipastikan pilkada tidak perlu diulang (satu kali putaran).
Berdasar real count atau perhitungan manual yang dihimpun jaringan saksi Sahto, hasil akhir perhitungan manual di 1.921 TPS adalah: Sahto meraup 44,92 persen atau sebanyak 232.724 suara, Abdi meraup 15,28 persen atau sebanyak 79.162 suara, Matang meraup 15,28 persen atau sebanyak 80.871 suara, dan Bangsa meraup 24,27 persen atau sebanyak 125,384 suara.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mataram Timur News - All Rights Reserved
Wartawan Mataram Timur News Dibekali Kartu Identitas Setiap Peliputannya. Laporkan Oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab Yang Mengaku Sebagai Wartawan Mataram Timur News | Original Design by Creating Website Modified by Adiknya