Headlines News :
Home » , , » Memberdayakan Ekonomi Lokal Melalui Bimtek Pembinaan Kelompok Usaha

Memberdayakan Ekonomi Lokal Melalui Bimtek Pembinaan Kelompok Usaha

Written By Yunion Arga on Wednesday, December 5, 2012 | 9:49 AM

Blitar, Mataram Timur News. Ekonomi Kerakyatan terus dikembangkan di Kota Blitar. Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar Bimbingan Teknis Pembinaan Kelompok Usaha di lingkungan Industri Pabrik Rokok, beberapa waktu lalu di Hotel Puri Perdana Kota Blitar.
Warnoto, S. Sos. Kabid pemberdayaan UKM Dinas Koperasi dan UKM dikonfirmasi di sela kegiatan mengatakan, Bimtek yang diikuti sebanyak 50 peserta ini khusus untuk mereka yang berusaha di bidang kerajinan. Bimtek ini bertujuan untuk lebih menumbuhkembangkan kembali semangat masyarakat dalam berusaha.
Bimtek ini diselenggarakan melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2012 dengan melibatkan peserta dari berbagai kalangan, diantaranya: dari UKM yang sudah memiliki usaha, UKM yang baru merintis usaha serta dari masyarakat di sekitar pabrik rokok. Melalui Bimtek ini diharapkan ada peningkatan iklim usaha yang kondusif bagi kelompok usaha kecil menengah yang ada di Kota Blitar sehingga para UKM dapat lebih maju dan mampu bersaing di bidangnya.
Sementara Drs. Ichwanto, M. AP, Sekretaris Daerah Kota Blitar dalam sambutan pengarahan mengaku bimtek ini sangat strategis dalam upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan di Kota Blitar. Untuk itu Sekda berharap, para UKM yang jumlahnya relatif banyak ini mampu menjadi motor penggerak perekonomian guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi lebih baik lagi.
Lebih lanjut Ichwanto berpesan, kepada para peserta bimtek untuk memanfaatkan kesempatan guna mendapat bekal sebagai pengusaha. Sebab jika sekitar 8.000 UKM di Kota Blitar lancar dalam usahanya niscaya ekonomi lokal juga ikut terangkat. Hal itu tidak hanya berimbas pada peningkatan taraf ekonomi tetapi juga akan dapat menekan angka pengangguran dan kemiskinan.
Sementara Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau sebagaimana dimaksud dalam pasal 66 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007, digunakan untuk mendanai kegiatan: a. Peningkatan kualitas bahan baku, b. Pembinaan Industri, c. Pembinaan lingkungan sosial, d. Sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan/ atau pemberantasan barang kena cukai. Dalam peraturan ini, tersirat bahwa Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau dapat digunakan untuk pembinaan lingkungan sosial. (Humas)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mataram Timur News - All Rights Reserved
Wartawan Mataram Timur News Dibekali Kartu Identitas Setiap Peliputannya. Laporkan Oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab Yang Mengaku Sebagai Wartawan Mataram Timur News | Original Design by Creating Website Modified by Adiknya