Headlines News :
Home » » Peranan Sunan Kalijogo Dalam Mengembangkan Agama Islam Di Jawa

Peranan Sunan Kalijogo Dalam Mengembangkan Agama Islam Di Jawa

Written By Hariyanto on Thursday, March 8, 2012 | 11:10 AM

Sunan Kali Jaga
Raden Mas Syahid atau, lebih'dikenal Sunan Kalijogo adalah salah seorang Wali Songo yang menyebarkan agama Islam dengan pendekatan cultural. Artinya beliau berdakwah dengan pendekatan budaya setempat atau budaya Jawa, Hasilnya banyak masyarakat" pada waktu itu berbondong-bondong masuk Islam karena tertarik dan tidak ada unsur paksaan.

Sunan Kalijogo adalah sunan yang memiliki rasa seni yang luar biasa. Tidak hanya seni suara, tetapi juga meliputi seni drama (wayang kulit), seni gamelan, seni lukis, seni pakaian , seni ukir, seni pahat dan juga seni sastra.
Sunan Kalijogo adalah putra dari Ki Tumenggung Wilatikta Bupati Tuban. la dalah seorang wali yang berjiwa besar, seorang pemimpin Mubaligh, pujangga dan filosofi. la dikenal sebagai pujangga yang biasa mengarang cerita-cerita wayang yang disesuaikan dengan ajaran Islam. Hal itu dilakukan karena masyarakat di Jawa pada waktu masih memegang teguh tradisi-tradisi atau adat istiadat lama.
Cerita-cerita wayang yang dikarangnya itu dramatis. Dalam cerita itu juga diberi jiwa agama, menggambarkan ke Islaman di samping itu beliau juga ahli seni dan paham pula dengan gamelan serta gending-gending (lagu-lagunya). Maka dipesanlah oleh Sunan Kalijogo kepada ahli gamelan untuk membuatkan seperangkat gamelan yang kemudia diberi nama Kyai Seketi.

Sunan Kalijogo juga dikenal sebagai orang yang pintar berdebat dan mempertahankan argumentasi untuk menjelaskan kebenaran agama yang dianutnya. Murid-muridnya menjadi tokoh berpengaruh di Pulau Jawa. Mereka adalah Sultan Hadiwijaya, Ki Ageng Pemanahan, Ki Ageng Pandanaran (Sunan Tembayat) dan sebagainya. Abah Edi Purnomo menjelaskan salah satu murid Sunan Kalijogo yang bernama Joko Katong atau sering disebut Wali Katong ditugaskan untuk mengislamkan Ponorogo. Joko Katong sendiri menurunkan tokoh-tokoh Islam di sekitar daerah tersebut yang pengaruhnya amat luas sampai sekarang. (Har/berbagai sumber)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mataram Timur News - All Rights Reserved
Wartawan Mataram Timur News Dibekali Kartu Identitas Setiap Peliputannya. Laporkan Oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab Yang Mengaku Sebagai Wartawan Mataram Timur News | Original Design by Creating Website Modified by Adiknya