Headlines News :
Home » , , » Upacara Siraman Gong Kyai Pradah Lodoyo

Upacara Siraman Gong Kyai Pradah Lodoyo

Written By Hariyanto on Thursday, February 23, 2012 | 5:33 PM

Blitar, Mataram Timur News- Upacara Siraman Gong Kyai Pradah Lodoyo bertempat di pendopo alun –alun Lodoyo kabupaten Blitar. Upacara rutin memandikan (ngedus, jawa red ) gong ini telah diselengarakan bertahun-tahun oleh warga Blitar khususnya masyarakat Lodoyo, kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar disebut Upacara Siraman Gong Kyai Pradah. Upacara ini rutin dilakukan setahun sekali dan merupakan tradisi turun temurun, serta selalu dilaksanakan tepatnya setiap tanggal 12 rabiul awal (maulud) yang bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa disebut sebagai muludan.Upacara ini juga sebagai cara untuk memperingati kelahiran Lodaya (kecamatan lodoyo termasuk desa-desa yang ada didalamnya).

Dalam upacara ini dilakukan acara memandikan gong (pusaka kyai pradah)dan beberapa wayang krucil/kayu,dengan air jernih/suci yang dicampur denganbunga rampai atau setaman.Dan dipercaya air bekas untuk memandikan bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit serta menentramkan hati,bagi siapapun yang meminumnya.Bahkan sebagian masyarakat percaya nasi untuk genduri itu bila dikeringkan (karak=jawa) bisa digunakan untuk membantu kelancaran dalam bercocok tanam.

Karena itu ketika upacara ini banyak warga masyarakat yang datang untuk bisa mendapatkan setetes atau seteguk air bekas memandikan pusaka ini, mereka rela berdesak –desakkan untuk mendapatkannya , bahkan sampai saling dorong untuk bisa mendapatkan sedikit nasi tumpeng yang disiapkan untuk acara ini.Mereka datang dari berbagai penjuru daerah dan wilayah Blitar bahkan sampai keluar kota.
“Upacara ini selain sudah tradisi juga merupakan salah satu daya tarik wisata yang perlu untuk dipromsikan.” kata Bupati Blitar Heri Nugroho *
Share this article :

1 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mataram Timur News - All Rights Reserved
Wartawan Mataram Timur News Dibekali Kartu Identitas Setiap Peliputannya. Laporkan Oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab Yang Mengaku Sebagai Wartawan Mataram Timur News | Original Design by Creating Website Modified by Adiknya