Headlines News :
Home » » Asal Mula Desa Tanjung Kalidawir

Asal Mula Desa Tanjung Kalidawir

Written By Hariyanto on Thursday, January 19, 2012 | 12:11 PM

Tulungagung, Mataram Timur News
Desa Tanjung Kecamatan Kalidawir waktu masih berwujud hutan, banyak terdapat tanaman panjang. Oleh sebab itu Dusun tersebut diberi nama Bandil. Setelah menjadi pekarangan dalam keadaannya nyaman dan menyenangkan lalu diadakan pilihan Kepala Desa. Yang terpilih pertama kali benama Kromomedjo.
Machin

Menurut Cerita, Desa yang pernah menjadi Juara Lomba Desa Tingkat Jawa timur tahun 2003 ini sejak dulu terbagi dua dusun yaitu Dusun Bandil dan Dusun Tanjung. Dusun Bandil yang babad ada 5 orang. Mereka adalah Pontjodrono dari Pacitan. Tanikarsa berasal dari Kudus. Nadikromo berasal dari Solo dan Singokromo berasal dari Magetan.
Sedangkan dinamakan Kambingan karena ketika masih berwujud hutan, banyak rumput wedusan atau kambingan. Dusun Bandil dan Tanjung kemudian dijadikan satu dan dijadikan Desa Tanjung.

Menurut Cerita Pinisepuh yang babad pertama Dusun Tanjung adalah 5 orang. Mereka adalah Kertomedjo berasal dari Pacitan, Djowidjoyo berasal dari Pacitan, Singotani dari Solo dan Karjo Muhamad berasal dari Solo.
Menurut Kepala Desa Tanjung Machin, sampai saat ini sudah 13 kali pergantian Kepala Desa termasuk dirinya. Mereka adalah Kromomedjo, Tomenggolo Waryo Semito, Jangil) Santono, Rono Karto, Karsontono, Murdiyo, H Toyib, H. Ilyas, Marjuki, Hariyadi dan Machin.

"Setiap acara kirin do’a para leluhur yang ada di desa ini, mereka yang babad Desa Tanjung dai Mantan Kades yang sudah meninggal sering di kirimi do'a", jelasnya. (Har)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mataram Timur News - All Rights Reserved
Wartawan Mataram Timur News Dibekali Kartu Identitas Setiap Peliputannya. Laporkan Oknum Yang Tidak Bertanggung Jawab Yang Mengaku Sebagai Wartawan Mataram Timur News | Original Design by Creating Website Modified by Adiknya